Dalam Mengambil Foto Gerhana Matahari, Ikuti Beberapa Tipsnya

jumlah gerhana matahari akan hadir di Indonesia. Kejadian langka ini segera dipakai oleh pemerintah sebagai objek wisata yg ingin menonton gerhana matahari hidup.

Menonton gerhana tak lengkap tanpa menangkapnya dalam bentuk gambar alias video. Namun, tahukah Kalian bahwa mengambil gambar gerhana mempunyai sesuatu yg istimewa untuk dipertimbangkan?

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Dikutip dari Photographylife, berikut merupakan berbagai faktor yg butuh dipertimbangkan sebelum Kalian mengambil gerhana matahari total pada 9 Maret:

1. Perhatikan bahaya menyaksikan gerhana matahari total
Gerhana matahari total terbukti jarang terjadi, maka wajar apabila tak sedikit orang-orang ingin menontonnya. Sayangnya, mata insan tak mempunyai kekuatan untuk menonton eksklusif sinar matahari, khususnya ketika gerhana. Jika Kalian memaksakan diri, yg akan terjadi terburuknya merupakan mengalami kebutaan permanen.

Melihat dari desain pencari kamera juga tak disarankan, sebab cahaya akan terkesan eksklusif serta fokus pada mata Anda. Yang bisa Kalian perbuat merupakan menonton gerhana dari layar LCD pada kamera Anda. Layar LCD kamera modern sudah sanggup menghasilkan gambar lumayan seksama maka Kalian bisa menikmati gerhana matahari dikala mengambil foto.

2. Waktu untuk menembak serta posisi
Perlu diingat bahwa gerhana matahari hanya akan terjadi dalam hitungan menit, serta prosesnya tak bisa diulang. Untuk argumen ini, Kalian wajib menentukan waktu penembakan gerhana, apakah Kalian ingin mengambil seluruh proses gerhana alias hanya pada waktu-waktu tertentu.

Selain itu, tempatkan diri Kalian di kawasan yg cocok untuk mengambil gambar tanpa halangan.

3. Sediakan peralatan kamera
Objek mutlak dari gerhana matahari merupakan bulan serta matahari yg sangat jauh dari permukaan Bumi kawasan Kalian berdiri. Untuk argumen ini, Kalian memerlukan lensa dengan performa zoom yg bagus. Yang paling baik merupakan memakai lensa permeabel 300mm.

Selain lensa, filter merupakan faktor yg butuh dipertimbangkan. Untuk yg akan terjadi maksimal dikala mengambil gerhana, kamera wajib diatur dengan pengaturan ISO terendah serta bukaan kecil. Sayangnya, pengaturan ini tak rutin lumayan untuk membikin gerhana terlihat.

Oleh sebab itu, Kalian wajib memakai filter lensa dengan blok UV berintensitas tinggi, semacam 10 Stop ND Filter.

4. Persiapkan sebelum mengambil gambar
Ada berbagai faktor yg wajib disiapkan sebelum mengambil gerhana matahari. Pertama, atur kamera serta letakkan di tripod. Kemudian atur kamera ke pengaturan ISO serta aperture terendah.

Ini juga keren apabila Kalian memakai kecepatan rana tercepat maka proses gerhana bisa terkesan dengan jelas. Uji coba sebelum gerhana mulai memastikan gambar sesuai dengan yg Kalian inginkan. Jangan lupa juga menyesuaikan komposisi, fokus, serta ketajaman gambar.

Tips Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Untuk Speaking Tes IELTS

IELTS merupakan syarat mutlak untuk bisa bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tes ini dibagi menjadi 4 sesi. Salah satu sesi yang cukup menakutkan adalah speaking section. Padahal, sesi ini merupakan bentuk tolak ukur, bagaimana Anda melakukan percakapan dengan orang lain saat di luar negeri nanti. Maka dari itu, Anda butuh mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Berikut ada beberapa IELTS speaking tips yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Selalu berlatih setiap kesempatan
Kunci terpenting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan selalu berlatih setiap ada kesempatan. Tidak perlu khawatir, apabila pada awalnya, Anda tidak terdengar sempurna. Hal ini seperti Anda berlatih mengemudi. Awalnya memang ragu dan sedikit takut. Tapi, lama kelamaan Anda akan terbiasa melakukannya tanpa berpikir.

Berpikirlah dalam bahasa Inggris
IELTS speaking tips yang selanjutnya adalah selalu berpikir dalam bahasa Inggris. Pikiran merupakan salah satu alat yang cukup ampuh. Anda bisa berbicara kepada diri Anda dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membiasakan pikiran untuk berbahasa Inggris juga. Jadi setiap saat, apabila Anda sedang memikirkan sesuatu, pikiran dalam bahasa Inggris.

Pelajari juga frasa atau kalimat
Kebanyakan dari kita akan menambah vocabulary atau kata – kata baru. Daripada melakukan hal tersebut, coba untuk mempelajari suatu kalimat. Hal ini dilakukan agar, Anda bisa mendapatkan bagaimana cara berbicara dengan nyaman. Namun ingat, caranya bukan dengan menghafal, namun dengan membiasakan diri.

Perhatikan bagaimana native speaker berbicara
Selalu perhatikan dan dengarkan bagaimana orang lain atau native speaker berbicara. Hal ini yang membantu Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. IELTS speaking tips yang satu ini akan menjadi pelajaran berharga bahwa tidak semua keterampilan berbicara bisa didapatkan dari membaca saja.
Hindari menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Inggris

Hal ini yang sering dilakukan yakni menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Inggris. Apabila Anda tidak mengetahui kalimat yang benar atau frasenya hindari menerjemahkannya. Hal ini tidak akan meningkatkan kemampuan berbicara Anda dalam bahasa Inggris. Malahan akan menjadi bahan lelucon. Oleh karena itu, cari tahu bagaimana menggunakan kata dan kalimat yang benar.

Pastikan didampingi oleh orang lain saat berlatih
IELTS speaking tips yang berikutnya pastikan ada orang lain yang menemani Anda berlatih. Tujuannya adalah untuk bisa memperbaiki kesalahan yang Anda lakukan. Membuat kesalahan memang wajar, namun jika tidak ada yang mengingatkan, maka Anda tidak akan berkembang. Bahkan, berbicara tidak benar dalam waktu lama akan membekas dalam pikiran dan hal tersebut akan sulit untuk dihilangkan atau diperbaiki.

Itulah beberapa tips ampuh dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda. Dengan begitu, Anda siap untuk menghadapi tes speaking IELTS.

Cara Mengambil Foto Langit Malam Tanpa Perlu Jauh Dari Kota

Tampilan langit malam terbukti objek gambar yg sangat menarik.

Sayangnya, memotret pemandangan malam menjadi lebih susah akhir-akhir ini sebab meningkatnya tingkat polusi cahaya dari kawasan perkotaan. Namun sebetulnya ada tips yg mampu dipakai jadi Kalian mampu mengambil gambar langit malam bahkan dengan tingkat polusi cahaya yg tinggi

Trik ini melibatkan teknik pemotretan yg disebut ETTR alias Paparan Hak. ETTR merupakan teknik pengambilan gambar yg memakai penggunaan paparan tinggi, melainkan tak berlebihan yg ditandai dengan grafik histogram gambar di sebelah kanan.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Berikut merupakan hal-hal yg wajib disiapkan untuk memotret memakai teknik ETTR:

1. Kamera DSLR alias Mirrorless
ETTR melibatkan pengungkapan paparan dari tiga hal yaitu kecepatan, kecepatan rana, serta ISO. Untuk argumen ini Kalian sangatlah butuh memakai kamera yg memungkinkan Kalian mengatur ketiganya dengan cara manual. Ini juga membikin kamera handphone tak mampu dipakai dalam teknik pemotretan ETTR.

2. Tripod
Tripod juga sangat diharapkan sebab Kalian akan mengambil gambar eksposur tinggi yg tak jarang melibatkan pengaturan kecepatan rana lambat. Tripod memungkinkan kamera mengambil gambar yg lebih stabil jadi hasilnya lebih tajam.

3. Cuaca cerah
Cuaca merupakan hal lain bagi Kalian untuk sukses memotret pemandangan langit malam. Cuaca mendung hanya akan membikin gambar Kalian buram.

4. Pengaturan manual serta format RAW
Untuk mengambil adegan malam dengan teknik ETTR, Kalian wajib memakai mode pengaturan manual pada kamera. Selain itu, Kalian juga disarankan untuk mengambil gambar dalam format RAW.

Setelah semuanya siap, kini Kalian mampu mulai mengambil gambar pemandangan langit malam. Berikut merupakan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan tempat pemotretan tak terlalu terang
Untuk memaksimalkan gambar Anda, sangat disarankan untuk mengambil gambar di tempat dengan cahaya minim. Kalian mampu berangkat ke atap rumah serta mengambil gambar langit, melainkan jangan lupa matikan lampu apabila ada.

2. Tetapkan eksposur ke pengaturan gambar default Milky Way
Sebagai barometer untuk menembak, Kalian mampu memakai pengaturan default gambar Bimasakti yaitu ISO 6400, kecepatan shutter 30 detik, serta fertifikat f / 2.8.

3. Ambil gambar serta tonton histogram
Dengan memakai pengaturan ini, ambil gambar serta tonton histogram di kamera Anda. Cobalah untuk memukul grafik hit di sebelah kanan serta lewati gambar Kalian sekarang.

4. Sesuaikan pengaturan eksposur kamera
Setelah mengenal status histogram, Kalian mampu mengatur ulang kamera Anda. Jika histogram tetap salah, itu berarti Kalian butuh menambah ISO, kecepatan rana lambat, alias menambah aperture, serta sebaliknya.

5. Tidak mempunyai eksposur
Hal yg butuh dipertimbangkan dikala mengambil gambar dengan memakai teknik ETTR merupakan untuk menghindari gambar dari paparan. Paparan gambar yg berlebihan mampu diindikasikan oleh histogram yg terlalu ditumpuk ke kanan. Selain itu, kamera biasanya juga memberi tahu lebih tak sedikit tahap pencahayaan dengan warna hitam berkedip dibagian tertentu dari foto.

6. Ulangi sampai Kalian memperoleh pengaturan serta akibat terbaik.

Setelah mengambil gambar, langkah selanjutnya merupakan mengolahnya memakai software pengolah gambar. Perangkat lunak yg dipakai mampu bervariasi, melainkan hari ini kami berlatih memakai Adobe Photoshop CC 2017. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

1. Buka kunci tangkapan Kalian dalam format RAW dalam software pengolah gambar.

2. Atur level Exposure sampai histogram menunjuk ke sentra grafik.

3. Tingkatkan Vibrance serta Saturation sampai maksimal, kemudian atur Temperature supaya gambar tak terlalu kuning serta tak terlalu biru. Setelah itu, kembalikan pengaturan Vibrance serta Saturation ke tingkat semula.

4. Geser ke tingkat paling atas (kanan) serta Kalian akan mulai menonton bintang yg sebelumnya tak terlihat.

5. Pindah ke tab Nada Kurva serta tempatkan garis untuk membentuk “S”. Namun, jangan biarkan gambar terlalu kontras dengan warna aslinya.

6. Terakhir, Kalian mampu menyesuaikan level Vignet di tab Kompensasi Lensa. Atur ulang level pencahayaan apabila Kalian merasa perlu.

Dengan memakai teknik ETTR, Kalian mampu mengambil adegan langit malam bahkan di lingkungan dengan tingkat polusi cahaya yg tinggi. Namun, pasti saja teknik ini merupakan pilihan sebab untuk akibat yg maksimal Kalian butuh mengunjungi tempat yg sangatlah gelap.