Beberapa Alternatif Cara Marketing Lewat Internet

internet marketing

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membawa banyak kemudahan bagi manusia, salah satunya adalah dari aspek kemudahan informasi. Jaringan internet sudah merambah ke pelosok, tidak hanya diperkotaan saja. Sehingga akses informasi yang begitu cepat sudah bisa sampai ke daerah yang tadinya sangat jauh dari lini teknologi.

internet marketing

Dampak positif bagi mereka yang tinggal di kawasan ini adalah mereka mendapatkan peluang untuk menjalankan bisnisnya secara online, sehingga pasar mereka lebih luas dan akan dikenal oleh manusia di seluruh dunia.

Bagi anda yang daerahnya sudah terjamah internet, anda bisa mulai belajar bagaimana cara maerketing melalui internet. Ada banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mulai menjalankan bisnis anda ini. Berikut gambarannya :

1. Website/ Blog Marketing

Cara pertama yang  bisa kita lakukan adalah dengan membuat website atau blog. Apa yang bisa kita lakukan ketika sudah membuat blog. Gampang, anda bisa gunakan blog atau website anda untuk branding bisnis anda, membesarkan dan mengenalkan nama. Atau bisa juga anda gunakan website anda untuk memajang produk – produk yang anda jual (toko online). Atau anda juga bisa mempelajari diluar itu, misalhnya bagaimana cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang dari iklan dan lain sebagainya. Untuk yang satu ini modal anda adalah blog atau website, jika anda adalah orang baru dan tertarik dengan cara ini ada baiknya anda belajar tentang blog, bisa dimulai dengan belajar membuat blog di blogspot atau yang lainnya.

2. Marketing Sosial Media

Sudah banyak sekali pengguna sosial media di Indonesia, dan sekarang hampir dapat diakatakan sebagian dari mereka menawarkan produk – produknya. Jika daerah anda sudah terjamah internet, peluang anda untuk melakukannya juga cukup besar. Entah bagaimana hasilnya, itu urusan lain yang penting anda coba terlebih dahulu.

3. Email Marketing

Untuk email marketing bisa anda lakukan juga, hanya saja merurut saya sedikit kurang efektif apabila bisnis anda belum mecangkup lingkungan instansi, perusahaan yang sudah menggunakan email untuk komunikasinya. Namun tidak ada salahnya anda pelajari teknik – teknik email marketing ini dan coba lakukan pada bisnis anda.

Ada banyak metode lainnya yang tidak bisa kita bahas pada kesempatan ini. Seperti marketing dengan marketplace, dan lain sebagainya. Berbagai cara mendapatkan penghasilan dari internet bisa kita coba. Semoga seklumit tulisan ini bisa membuat gambaran di dalam benak anda tentang bagaimana memanfaatkan jaringan internet yang sudah berambah di berabagai tempat.